Tuesday, March 8, 2016

Jenis dioda

Berbagai jenis dioda tersedia yang mengaktifkan berbagai jenis aplikasi harus dipenuhi. Dioda untuk tinggi arus dan tegangan, sinyal kecil aplikasi, cahaya emisi dan deteksi, serta untuk memberikan variabel kapasitansi dan tegangan rendah maju tetes tersedia saat ini. Selain itu, berbagai jenis dioda digunakan dalam microwave aplikasi...

Dioda adalah perangkat dua-terminal, memiliki dua elektroda aktif, antara yang memungkinkan transfer saat ini dalam satu arah saja. Dioda dikenal untuk harta arus searah. Pada dasarnya, dioda digunakan untuk meluruskan bentuk gelombang, dan dapat digunakan dalam pasokan listrik atau dalam radio detektor. Mereka juga dapat digunakan dalam sirkuit mana 'satu cara' efek dari dioda diperlukan.

Kebanyakan dioda dibuat dari semikonduktor seperti silikon, namun, germanium juga digunakan kadang-kadang. Dioda mengirimkan arus listrik dalam satu arah, namun, cara di mana mereka melakukannya dapat bervariasi. Beberapa jenis dioda adalah:

Light Emitting Diode (LED)
LED atau dioda memancarkan cahaya yang paling dikenal dioda hari ini. Mereka adalah dioda pertemuan p-n yang mengizinkan transfer elektron antara elektroda dan menghasilkan cahaya. Namun, tidak semua LED memancarkan cahaya tampak. Ada orang-orang yang memancarkan cahaya inframerah, yang tidak dapat dilihat oleh mata manusia. LED seperti yang digunakan dalam remote kontrol televisi, pemutar DVD, dll. Ketika dioda dihidupkan atau maju bias, elektron recombine dengan lubang-lubang dan melepaskan energi dalam bentuk cahaya. Ini berarti elektronik eksitasi tombak emisi photon, yang pada gilirannya menghasilkan cahaya emisi atau electroluminescence. Aluminium arsenid indium phosphide atau aluminium gallium umumnya adalah material melakukan LED. Warna yang dipancarkan oleh LED akan tergantung pada kombinasi dari bahan semikonduktor yang digunakan.

Dioda longsor
Pertemuan p-n yang terkotori sedikit pada saat menghadapi Tembusan bandang, yang tiba-tiba Perbanyakan tegangan (tegangan transien) di dioda. Peningkatan tiba-tiba ini sering menghancurkan dioda. Namun, longsor dioda, tersedia dengan tegangan gangguan 4000V dibangun sedemikian rupa, bahwa mereka dapat memecah tegangan dan izin bagian dari tegangan panjar terbalik. Dengan demikian, dioda ini digunakan untuk melindungi sirkuit (terutama tegangan tinggi sirkuit) dari tegangan transien. Mereka sering digunakan bersama dengan dioda Zener dan sering bingung dengan sama.

Dioda Zener
Dioda Zener adalah jenis dioda yang tidak hanya memungkinkan arus mengalir dalam satu arah seperti dioda apapun yang lain, tetapi di reverse bias, juga memungkinkan saat ini mengalir ke arah sebaliknya, jika tegangan melebihi batas tertentu. Batas tegangan ini dikenal sebagai Zener tegangan dan tetap untuk dioda Zener dengan rating tegangan mulai dari 1.8V hingga 200V. Dengan demikian, dioda Zener melindungi sirkuit dari kerusakan. Tidak seperti, longsor dioda, dioda tersebut telah dikotori berat pertemuan p-n dan pengotoran dilakukan berbeda-beda untuk mencapai berbeda Zener rating tegangan. Dioda ini sebagian besar digunakan untuk mengontrol tegangan di sirkuit listrik.

No comments:

Post a Comment